Ulasan 1 - Deadlock Condition

Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas sebuah video youtube, Deadlock and condition for deadlocks in OS yang diunggah oleh E tutor. Video ini telah ditonton oleh 11912 viewers.

Video ini membahas kondisi apa saja yang dapat menyebabkan terjadinya deadlock, namun sebelumnya dijelaskan definisi dari deadlock itu sendiri. Deadlock adalah kondisi dimana dua buah proses atau lebih mencoba untuk mengakses satu resource yang sama, dalam hal ini resourcenya adalah block-memory. Ketika sebuah deadlock terjadi, ada 4 hal yang harus ikut terjadi, yaitu:
1. Mutual exclussion: hanya satu proses yang diizinkan untuk mengakses critical section
2. Hold and Wait: sebuah proses menunggu data dari resource
3. No preemption: sebuah proses telah mengakses resource dan tidak mengizinkan proses lain untuk mengakses resouce itu lagi
4. Circular wait: dua buah proses A dan B, A mengakses resource lalu hasilnya dibutuhkan di proses B, proses B mengakses resource dan hasilnya dibutuhkan oleh proses A.

Video ini disajikan dalam bentuk slide dengan adanya background suara dari authornya. Penjelasan yang diberikan cukup mudah untuk dimengerti, namun sayangnya suara dari author sedikit kecil sehingga saya perlu untuk mengaktifkan Creative Commons (CC) di videonya.


Github Account : fachrurRz
URL Ulasan : http://fachrurrz.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-1-deadlock-condition.html
URL Video : https://youtu.be/xDwcm8bQ-Mg
Video Author : E tutor
Pemetaan : Week07
Revisi Pertama : 20 Mei 2017
Revisi Kedua : 20 Mei 2017

Comments

Popular posts from this blog

Rangking09

Ulasan 2 - Linux Boot Process

Rangking01